Jadi Blogger Pemula? -- Tips Menulis Blog Ini Bisa Kamu Coba Loh!

Walau bukan pertama kalinya nulis di blog, tapi setelah vakum bertahun-tahun, saya jadi agak kaku mau mulai ngeblog lagi. Selain ide yang gak muncul, terakhir membaca tulisan, kok rasanya lebih mirip nyusun skripsi daripada tulisan ringan yang saya impikan 😅🤣.

Well, rindu ngeblog pun muncul. Rasanya seperti berhasil merapikan benang kusut, ketika satu tulisan muncul.

Akhirnya saya pun berbincang dengan salah satu blogger aktif, Mama Kece, Mba Fera Marentika, atau yang akrab disebut Cici Fera. Udah tahu dong alamat blog Mbanya apa? Yes, cicifera.com. Kebetulan, kami satu lingkar pertemanan, dan beberapa kali main bareng, dan sering saling chat plus saling curhat.

Ibarat kalau punya temen penjual minyak wangi, minimal bergaul dengannya aroma minyak wanginya ikut nempel ke baju kita, saya pun jadi pengen belajar banyak sama temen kece yang satu ini. Tentunya tak lain tak bukan, yakni tentang dunia blog dan penulis blog a.k.a blogger.

Saya dulu aktif menulis (lagi) di wordpress saya ismiruhyati.wordpress.com, beberapa tahun sebelum ngeblog di wordpress saya juga sempat nulis di tumblr.com. Seiring waktu berlalu, jam online saya beberapa tahun terakhir dihibahkan untuk kegiatan sosial lain. Jadilah rencana ngeblog harus saya simpan dulu. Sampai suatu ketika, banyak isi pikiran yang ingin ditumpahkan dan diceritakan ke dalam tulisan-tulisan blog lagi, termasuk beberapa momen spesial 2020 yang ingin saya bagi dengan khalayak ramai.

Konsultasi saya, seputar kegalauan saya untuk memulai ngeblog lagi, bahasa yang saya gunakan, kemudian topik-topik yang ingin saya ceritakan.

Kira-kira keruwetan saya waktu itu kayak gini :
1. Pengen ngblog, tapi takutnya ga bermanfaat
2. Pengen ngeblog, tapi terjebak bahasanya kok kaku amat, wkwk!
3. Pengen ngeblog bahas suatu topik, tapi kok referensinya agak kurang kuat
4. Akhirnya mentok ide, ahahahaa, padahal kalau abis nemenin curhat temen di chat adaa aja yang bisa dibahas

Apakah ternyata masalah kita sejenis? Kalau gitu, saya temenin yaa, hihi. Tapi, karena udah konsultasi sama Cici Fera, keruwetan saya pun bisa terurai. Nah, berikut tips bagi temen-temen yang mirip saya juga, --blogger pemula--

Mulai nulis aja, jangan ragu. 
Ceritain apa aja yang mau kita ceritain. Minimal, bermanfaat buat kita ngurai isi pikiran kita.

Gunain bahasa yang biasa kita pake buat ngobrol.
Simpelnya yang bikin orang bisa ngerti maksud yang mau kita sampein. 
Lebih mudahnya, bayangin aja kita lagi ngajak orang ngobrol di depan kita. Udah kebayang kan? Lebih hidup aja gitu bahasanya. Ga kayak laporan evaluasi kerja, wkwk~

Ga usah ngejar kesempurnaan referensi saat pertama kali memulai.
Topik dan referensi kuat bisa sangat menarik banget. Tapi ketika fokus kudu perfect ngumpulin referensi menghasilkan tulisan pertama, itu bakalan bikin stress sendiri.

Utamanya progressnya aja dulu, namanya kita pemula ya, latihan ringan dulu aja. Pelari juga latihan cicilan sebelum masuk zona sprint atau marathon kan ya. So, mulai aja dulu~

Bisa juga nih kita bahas topik yang kita kuasai bahkan yang kita alamin sendiri. Apalagi kalau bukan hidup kita :'). Iyes, setiap orang punya cerita uniknya sendiri. Siapa tahu kan, tulisan sendiri buat kenangan beberapa tahun mendatang untuk kita sendiri. 

Manfaat lainnya, barangkali di fase yang udah kita lalui dan udah kita tulis di blog, taunya jadi manfaat juga buat orang lain. Kerasa banget kalau saya, pas nyari review perlengkapan atau kebutuhan anak, suka banyak nyangkut di tulisan orang, atau istilah kerennya, blog walking.

Ide bisa muncul dari apa yang kita lihat dan dengar loh!
Cifer punya tips menarik banget, kalau lagi pengen nulis, itu sesederhana tanya sama diri sendiri, apa sih hal baik yang aku lihat hari ini, apasih hal baik yang aku dengar hari ini -- dan bisa kita bagikan di blog? Ah...inituh resep super banget kalau buat saya.

Intinya? Kamu blogger pemula? Sama dong!

Hihi, yuk ah kita berprogress! Kalau kata salah satu sobat jaman saya kuliah baheula, progression over perfection, so tetap berusaha nulis terus yaa, ga usah ngejar kesempurnaan.
Lama-lama nanti kita bakal nemu kok, khasnya tulisan kita kayak apa.

Semangat untuk kita para blogger pemula! ;)

Komentar

Posting Komentar